Sabtu, 05 Juni 2010

AYAM HUTAN SUPER

Istilah Ayam hutan Super adalah murni istilah penulis sendiri. Ato sampai saat ini penulis belum mempunyai istilah yang pas untuk ayam hutan yang akan saya bahas mungkin ada saran/usul dari pembaca?
Bicara tentang ayam hutan super tidak dapat dipisahkan dengan ayam bekisar. Tentunya bekisar yang mempunyai kualitas suara lomba yang bagus dan menjadi pakem dari suara bekisar itu sendiri.
Untuk mencetak sebuah bekisar sangat diperlukan kiat-kiat kusus. (dibahas di halaman lain) Apalagi mencetak bekisar bekualitas. Bicara tentang bekisar berkualitas tentunya dikaitkan dengan suara bekisar yang dihasilkannya. (dibahas di halaman lain)
Selain kiat-kiat di atas untuk mencetak bekisar berkualitas perlu disediakan indukan yang Berkualitas pula. Baik indukan dari ayam hutan maupun indukan ayam kampung.

Indukan ayam hutan super adalah indukan yang mempunyai dasar suara yang agak menyimpang dari suara ayam hutan pada umumnya. Ayam super ini mempunyai dasar suara depan 1 irama dan belakang 1 irama, Irama depan : Jung/ jeng dan suara belakang Keng/king. Type ayam hutan ini sangat langka. Tapi penulis pernah memilikinya. Suara yang dihasilkannya mirip dengan suara bekisar. Bersih dan jernih.
Ayam hutan super ini tidak sama dengan ayam hutan Halus ( persilangan ayam hutan dengan bekisar)
Penulis pernah mempunyai jenis ayam ini, namun lepas saat gempa melanda kota Bantul. Dan saat ini penulis masih mengincar suara ayam hutan super ini di sebuah peternakan tradisional. ( doakan supaya ayam tersebut menjadi milik saya; jika saya ditanya di manakah gerangan? Jawaban saya “rahasia perusahaan” xi..xi..xi…). Atau kalo memungkinkan suara akan saya up load ( jika diperkenankan si pemilik sekarang)
Secara fisik sama dengan ayam hutan biasa, hanya saja yang membedakannya ada pada Suara dasarnya.
Perhatikan table berikut :

no   Suara ayam hutan Biasa         Suara Ayam Hutan Super     Keterangan
1 . Kek…kek…kek… berulang .          Kek…kek…kek… berulang         Sama
2   Cek kok… cek kok berulang          Ceng king… ceng..king berulang  Berbeda

3 Kok…kek…kok…kek berulang         King…..king…… berulang           Berbeda
4 Cek ..kik..krek… berulang                Jung … King…. berulang            Berbeda


Keterangan:
1. Suara ngekek biasanya pada saat memanggil betina atau saat akan mulai berkokok.
2. Suara saat ayam panik/waspada/ketakutan/setelah bertelur istilah umum berkotek
3. Suara awal ayam mulai berkokok biasanya dibarengi dengan mengepakkan sayapnya. Kemudia dilanjutkan suara inti:
Pada ayam hutan umum terdiri 2 irama : kok… dan kek… berulang
Pada ayam hutan super hanya 1 irama : king….. berulang

4. Suara inti kokok ayam hutan
Pada ayam hutan umum Terdiri 3 irama : cek…kik…krek…
Pada ayam hutan super Terdiri 2 irama : Jeng…King…

Dengan kualitas dasar suara seperti ini jika disilangkan dengan ayam kampung maka anakannya diharapkan akan mempunyai dasar suara yang bagus pula. Tapi perlu di ingat pemilihan induk betina kampung yang berkualitas juga sangat menentukan kualitas anakan bekisar yang dihasilkan.
Penulis garis bawahi bahwa yang dimaksud ayam hutan super adalah ayang hutan yang mempunyai kualitas suara seperti disajikan dalam table di atas.

Mengenai cirri-ciri fisik ayam hutan super ; saat ini penulis belum bisa / belum tahu secara detail, atau barangkali pembaca mau berbagi , dipersilakan.

Demikian gambaran ayam hutan super menurut penulis. Masukan dari para pembaca yang sifatnya membangun sangat ditunggu.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar